Siwa Yang Agung

Dewa Siwa merupakan aspek dari Yang Mahatinggi (Brahman Upanishad) yang terus menerus larut untuk menciptakan dalam proses siklus penciptaan, Pemeliharaan (pelestaria, dan peleburan alam semesta. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Dewa Siwa adalah anggota ketiga dari Trinitas Hindu, dua lainnya adalah Dewa Brahma dan Vishnu.

Karena aktivitas kosmik Nya peleburan dan rekreasi, kata-kata perusak dan kehancuran telah keliru jika diasosiasikan dengan Dewa Siwa. Kesulitan ini muncul ketika orang gagal untuk memahami makna sebenarnya dari peran kosmik Nya. Penciptaan menopang dirinya dengan keseimbangan antara kekuatan-kekuatan yang berlawanan baik dan jahat. Bila keseimbangan ini terganggu dan kelangsungan hidup menjadi tidak mungkin, Dewa Siwa melarutkan alam semesta untuk penciptaan siklus berikutnya sehingga jiwa berevolusi dan memiliki kesempatan lain untuk membebaskan diri dari perbudakan dengan dunia fisik. Jadi, Dewa Siwa melindungi jiwa-jiwa dari rasa sakit dan penderitaan yang akan disebabkan oleh disfungsional semesta. Dalam analogi sebuah siklus, musim dingin sangat penting untuk musim semi muncul dan malam diperlukan untuk pagi untuk mengikuti. Untuk lebih memahami seperti digambarkan sebagai, seorang tukang emas yang tidak merusak emas ketika ia mencair perhiasan emas tua tidak dapat diperbaiki untuk membuat ornamen baru yang indah.

Dewa  Siwa adalah Dewa dengan rahmat dan kasih sayang. Ia melindungi bhakta dari kekuatan jahat seperti nafsu, keserakahan, dan kemarahan. Ia memberikan anugerah, rahmat dan membangkitkan menganugerahkan kebijaksanaan dalam umat-Nya. Simbolisme dibahas di bawah ini mencakup simbol-simbol utama yang umum untuk semua gambar dan foto Siwa dimuliakan oleh orang Hindu. Karena tugas dari Tuhan Siwa sangat banyak, Dia tidak dapat dilambangkan dalam satu bentuk. Untuk alasan ini gambar Siwa bervariasi secara signifikan dalam simbolisme mereka.
  • Tubuh ditutupi dengan berpakaian abu: melambangkan tubuh berpakaian aspek transendental Tuhan. Karena hal yang paling mengurangi menjadi abu bila dibakar, abu melambangkan alam semesta fisik. Abu pada tubuh berpakaian Tuhan Siwa menandakan bahwa adalah sumber dari seluruh alam semesta yang berasal dari-Nya, tetapi Dia melampaui fenomena fisik dan tidak terpengaruh oleh itu.
  • Kunci kusut: Tuhan Siwa adalah Master yoga. Tiga kunci kusut di kepala Tuhan menyampaikan gagasan bahwa integrasi energi fisik, mental dan spiritual adalah yang ideal yoga.
  • Ganga: Gangga (sungai Gangga) dikaitkan dengan mitologi Hindu dan merupakan sungai paling suci Hindu. Menurut tradisi, orang yang mandi di Gangga (dipuja sebagai Ibu Gangga) sesuai dengan upacara tradisional dan upacara pada kesempatan keagamaan dalam kombinasi dengan peristiwa astrologi tertentu, dibebaskan dari dosa dan mencapai pengetahuan, kemurnian dan kedamaian. Gangga, secara simbolis diwakili di atas kepala Tuhan dengan seorang wanita (Ibu Gangga) dengan sebuah jet air yang memancar dari mulutnya dan jatuh di tanah, menandakan bahwa Tuhan menghancurkan dosa, menghilangkan kebodohan, dan melimpahkan pengetahuan, kemurnian dan perdamaian di para bhakta.
  • Bulan sabit: ditampilkan pada sisi kepala Tuhan sebagai hiasan, dan bukan sebagai bagian integral dari wajah-Nya. Waxing dan memudarnya fenomena bulan melambangkan siklus waktu melalui penciptaan yang berkembang dari awal sampai akhir. Karena Tuhan adalah Realitas Abadi, Dia berada di luar waktu. Dengan demikian, bulan sabit hanya salah satu ornamen-Nya, dan bukan merupakan bagian integral dari-Nya.
  • Tiga mata: Tuhan Siwa, juga disebut Tryambaka Deva (harfiah, "bermata tiga Tuhan"), digambarkan sebagai memiliki tiga mata: matahari adalah mata kanan-Nya, bulan mata kiri dan api mata ketiga. Dua mata di kanan dan kiri menunjukkan aktivitas-Nya di dunia fisik. Mata ketiga di tengah dahi melambangkan pengetahuan spiritual dan kekuasaan, dan dengan demikian disebut mata kebijaksanaan atau pengetahuan. Seperti api, tatapan mata ketiga kuat Siwa annihilates jahat, dan dengan demikian penjahat takut mata ketiga-Nya.
  • Setengah-membuka mata: ketika Tuhan membuka mata-Nya, siklus baru penciptaan muncul dan ketika Ia menutup mereka, alam semesta larut untuk penciptaan siklus berikutnya. Setengah mata terbuka menyampaikan gagasan bahwa penciptaan akan melalui proses siklus, tanpa awal dan akhir. Tuhan Siwa adalah Master Yoga, sebagaimana Dia menggunakan daya yoga Nya untuk proyek alam semesta dari-Nya. Setengah membuka mata juga melambangkan postur yoga-Nya.
  • Kundalas (dua cincin telinga): dua Kundalas, Alakshya (berarti "yang tidak dapat ditunjukkan oleh tanda apapun") dan Niranjan (berarti "yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia") dalam telinga Tuhan menandakan bahwa Dia berada di luar persepsi biasa . Sejak kundala di telinga kiri Tuhan adalah dari tipe yang digunakan oleh perempuan dan satu di telinga kanan-Nya adalah dari tipe yang digunakan oleh laki-laki, ini Kundalas juga melambangkan Siwa dan Shakti (laki-laki dan perempuan) prinsip penciptaan.
  • Ular di leher: orang bijak telah menggunakan ular untuk melambangkan kekuatan yoga Dewa Siwa yang Dia melarutkan dan recreates alam semesta. Seperti seorang yogi, ular menimbun apa-apa, membawa apa-apa, membangun apa-apa, tinggal di udara saja untuk waktu yang lama, dan tinggal di pegunungan dan hutan. Racun dari ular, oleh karena itu, melambangkan kekuatan yoga.
  • Seekor ular (Naga Vasuki): ditampilkan meringkuk tiga kali sekitar leher Tuhan dan melihat ke arah sisi kanan-Nya. Tiga gulungan ular melambangkan masa lalu, sekarang dan masa depan - waktu dalam siklus. Tuhan memakai ular meringkuk seperti hiasan menandakan hasil penciptaan yang dalam siklus dan tergantung waktu, tetapi Tuhan sendiri melampaui waktu. Sisi kanan tubuh melambangkan aktivitas manusia berdasarkan pengetahuan, nalar dan logika. Ular melihat ke arah sisi kanan Tuhan menandakan bahwa hukum-hukum abadi Tuhan nalar dan keadilan mempertahankan ketertiban alam di alam semesta.
  • kalung Rudraksha: Rudra adalah nama lain Siwa. Rudra juga berarti "ketat atau tanpa kompromi" dan aksha berarti "mata." Rudraksha kalung dipakai oleh Tuhan menggambarkan bahwa Dia menggunakan hukum-hukum kosmik Nya tegas - tanpa kompromi - untuk mempertahankan hukum dan ketertiban di alam semesta. Kalung manik-manik ini memiliki 108 yang melambangkan unsur-unsur yang digunakan dalam penciptaan dunia.
  • Varda Mudra: tangan kanan Tuhan ditampilkan dalam melimpahkan anugerah dan berkat-berpose. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Tuhan Siwa annihilates jahat, anugerah hibah, melimpahkan kasih karunia, menghancurkan kebodohan, dan membangkitkan kebijaksanaan dalam umat-Nya.
  • Trident (Trisula): tiga cabang trisula ditampilkan berdekatan dengan Tuhan melambangkan tiga kekuasaan-Nya mendasar (shakti) dari akan (iccha), tindakan (kriya) dan pengetahuan (jnana). Trisula juga melambangkan kekuatan Tuhan untuk menghancurkan kejahatan dan kebodohan.
  • Damaru (drum): drum kecil dengan dua sisi yang terpisah dari satu sama lain oleh struktur leher seperti tipis melambangkan dua negara benar-benar berbeda dari keberadaan, unmanifest dan memanifestasikan. Ketika damaru digetarkan, menghasilkan suara yang berbeda yang digabungkan bersama oleh resonansi untuk menciptakan satu suara. Suara yang dihasilkan dengan demikian melambangkan Nada, suara kosmik dari AUM, yang dapat didengar selama meditasi yang mendalam. Menurut Hindu, Nada adalah sumber penciptaan.
  • Kamandalu: panci air (Kamandalu) yang terbuat dari labu kering berisi nektar dan ditampilkan di tanah samping Shiva. Proses pembuatan Kamandalu memiliki makna rohani yang mendalam. Sebuah labu matang yang dipetik dari tanaman, buah adalah dihapus dan shell dibersihkan untuk mengandung nektar. Dengan cara yang sama, seseorang harus melepaskan diri dari keterikatan pada dunia fisik dan bersih dalam dirinya keinginan egoistik dalam rangka untuk mengalami kebahagiaan Diri, dilambangkan oleh nektar di Kamandalu.
  • Nandi: banteng berhubungan dengan Siwa dan dikatakan kendaraan-Nya. Banteng melambangkan kedua daya dan kebodohan. Tuhan Siwa menggunakan lembu jantan sebagai kendaraan menyampaikan gagasan bahwa Dia menghilangkan kebodohan dan kekuasaan melimpahkan kebijaksanaan pada umat-Nya. Banteng ini disebut Vrisha dalam bahasa Sansekerta. Vrisha juga berarti dharma (kebenaran). Jadi banteng ditampilkan di samping Shiva juga menunjukkan bahwa Dia adalah pendamping etemal kebenaran.
  • Tiger kulit: kulit harimau melambangkan energi potensial. Tuhan Shiva, duduk di atas atau memakai kulit harimau, menggambarkan gagasan bahwa Dia adalah sumber dari energi kreatif yang masih dalam bentuk potensial selama keadaan peleburan alam semesta. Dengan Kuasa Ilahinya, Tuhan mengaktifkan bentuk potensi energi kreatif untuk proyek alam semesta dalam siklus tak berujung.
  • Tanah Kremasi: Siwa duduk di tanah kremasi menandakan bahwa Dia adalah controller kematian di dunia fisik. Sejak kelahiran dan kematian yang siklik, mengendalikan satu berarti mengendalikan yang lain. Jadi, Tuhan Siwa dipuja sebagai pengendali utama kelahiran dan kematian di dunia fenomenal.