Tujuh Chakra Utama


CHAKRA adalah sebuah kata berasal dari bahasa Sansekerta diartikan "Roda yang berputra". Mereka yang dapat melihat Chakra menggambarkan chakra seperti roda berputar yang mempunyai cahaya yang bersinar dan menyebar keluar. Kemegahan warna memancar mencerminkan kekuatan bhatin seseorang, kejelasan pikiran dan kemurnian sikap seseorang. Chakra adalah pusat energi yang memiliki banyak kekuatan mental dan spiritual. Ketika kita mengaktifkan dan menyeimbangkan chakra kita, kita merangsang pelepasan optimal energi yang kuat, yang dapat menimbulkan perasaan baik untuk kesehatan, juga meningkatkan mental yang seimbang.

Dalam tubuh, kita memiliki titik pusat energi yang digunakan secara sadar atau tidak sadar sepanjang waktu sehingga mereka mempengaruhi sikap kita, persepsi kita terhadap dunia dan potensi diri untuk memperoleh kebahagiaan dan kesehatan yang baik. Titik-titik fokus yang dimagsud adalah Tujuh Chakra tersebut. Chakra yang baik dan berputar dengan seimbang mempengaruhi vitalitas, kesehatan mental kita. Kesadaran kita pada spiritual akan meningkat jika kita bisa bermeditasi pada chakra atau membangkitkan Chakra dengan baik.

Ketika chakra kita sehat, tidak terblok atau seimbang, mereka menuntun kita untuk membuat keputusan yang bijaksana, dan membuat kita bahagia. Chakra diyakini merupakan inti dari praktek berbagai praktek meditasi, spiritual dan religius. Sistem chakra pertama kali dikembangkan di India pada Abad Pertengahan.

Idealnya, semua chakra harus aktif dan berputar secara seimbang pada tingkat yang hampir sama satu dan yang lain. Sebagian besar dari kita memiliki beberapa chakra yang terlalu aktif tetapi Chakra yang lain teritutup, sehingga yang masih tertutup itu perlu dirangsang.

Chakra dapat dirangsang dengan cara yang bermacam-macam. Rangsangan yang tertinggi bagi seorang yogi dapat dicapai menggunakan tehnik-tehnik meditasi. Metode meditasi tinggi mencerminkan tingkat  pencapaian mental dan spiritual. Ini dikenal sebagai Siddhi, pencapaian Siddhi membutuhkan bertahun-tahun meditasi untuk terus menerus menyempurnakannya. Metode yang kuat dan biasanya dirahasiakan dalam membangkitkan chakra dikatakan menjadi bagian dari sistem Chakra Hindu dan Tibet. Metode jarang ditemukan dan biasanya hanya dapat dipelajari ketika seseorang menjadi seorang praktisi yang tinggi, biasanya orang suci, tinggi lama atau guru direalisasikan.

Orang-orang biasa seperti kita dapat mencoba menggunakan metode sederhana yaitu dengan bermeditasi dan mempraktekan teknik visualisasi untuk mencapai beberapa rangsangan kecil dari pusat chakra. Apa yang dapat kita capai adalah masih belum apa-apa dibandingkan dengan kekuatan siddhic dari yogi, namun betapapun kecilnya pencapaian itu akan tetap membawa kesehatan besar dan peningkatan spiritual.Apa yang dapat kita lakukan adalah untuk memfokuskan kesadaran kita pada ke tujuh chakra yang terletak di tempat-tempat penting tubuh yang berbeda.

Dalam beberapa tahun terakhir, praktisi New Age banyak menggunakan esensi bunga, kristal dan lampu untuk membangkitkan poin chakra dengan beberapa tingkat keberhasilan dalam meningkatkan kesehatan dan mengurangi tingkat stres. Merangsang titik chakra juga dapat melarutkan penyumbatan yang menumbangkan aliran chi batin, membantu pikiran untuk melepaskan dan melepaskan tekanan mental dan emosi negatif.


LOKASI CHAKRA

  1. Chakra Dasar terletak di antara dubur dan kemaluan, Warna Merah
  2. Chakra Seks terletak di atas kemaluan, warna orange
  3. Chakra Solar Pleksus terletak di atas pusar, warna kuning
  4. Chakra Jantung terletak ditengah-tengah dada, warna hijau muda terang
  5. Chakra Tenggorokan terletak di tengorokan, warna biru laut
  6. Chakra ajjna terlatak diantara dua alis, warna ungu
  7. Chakra Mahkota terletak di ubun-ubun, warna merah muda keunguan.


1. Chakra Dasar
Chakra Dasar merupakan hubungan tubuh kita 'dengan dunia material. Ini adalah alasan kita dalam keberadaan fisik. Ketika diaktifkan dan seimbang, energi chi yang membantu kita berbaur fisik dengan spiritual, dan menghilangkan semua yang kita tidak perlu untuk pertumbuhan. Ketika chakra ini tidak seimbang, kita kekurangan rasa percaya diri dan kehidupan takut, merasa menjadi korban, menarik diri dari realitas fisik, dan dengan demikian bertindak egois. Gejala fisik dapat mencakup masalah dengan kaki, kaki atau punggung bawah.

2. Chakra Seks
Chakra ini berhubungan langsung dengan aliran energi seksual terangsang, seperti yang diungkapkan dalam aliran darah, dan dengan energi kreativitas. Hal ini sangat berhubungan dengan panca indra. Ketika chakra ini seimbang, kita akan merasa benar-benar hidup, energik, spontan, rasa bersalah-bebas dan mereka juga mencintai tubuh mereka. Ketika tidak seimbang akan membuat penyakit organ reproduksi, kekakuan sendi dan kelainan darah dapat mengakibatkan berbagai.

3. Chakra Solar Pleksus
Chakra ini adalah kekuatan pribadi dan material, dengan penekanan pada penguasaan di bidang fisik, terutama kemampuan untuk mewujudkan harapan dan impian seseorang. Hal ini terkait dengan mengekspresikan individualitas unik seseorang. Ketika Chakra ini tidak diblokir dan aktif, Anda merasa sangat percaya diri, memiliki tujuan yang jelas, dan beranio mengejar impian walau yang lain menganggap mustahil. Ketidakseimbangan menghasilkan kurangnya kepercayaan diri, rasa tidak aman tentang uang dan juga dapat mengakibatkan perilaku agresif dan menggunakan satu kekuasaan untuk mendominasi orang lain. Gejala Fisik mewujudkan sebagai gangguan jenis lambung.

4. Chakra Jantung
Chakra ini berhubungan dengan kejernihan mental dan pemusatan pada kejelasan tujuan. Ini juga membuka pikiran kita untuk cinta kasih. Ketika ia tidak diblokir lagi, kita memberi kasih tanpa syarat dan menarik orang-orang yang memberi kita kejelasan tujuan. Ketika diblokir, kita merasa kurangnya cinta dan stabilitas mental tajam dibandingkan dengan mereka yang ketiga chakra penyumbatan merasa kurangnya keamanan material. Kondisi jantung adalah gejala fisik yang paling umum.

5. Chakra Tenggorokan
Chakra ini mengatur komunikasi dan pidato. Ketika diaktifkan, kita berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam bentuk baik tertulis maupun lisan. Ini termasuk mampu secara konstruktif mempengaruhi orang lain untuk kebaikan bersama. Ketika diblokir, komunikasi sulit atau tidak mungkin. Tidak ada yang mendengarkan Anda atau apa yang Anda katakan. Biasanya akan ada penyumbatan yang lebih fisik yang terkait dengan chakra kelima dibandingkan dengan yang lain. Ini dapat termasuk makan dan minum berlebihan (cara yang baik untuk menjaga tenggorokan sibuk sementara mencegah komunikasi) dan berbagai penyakit pernapasan.

6. Chakra Ajna
Beberapa orang menganggap Chakra ini sebagai tempat mata ketiga, pusat psikis dari keberadaan kita. Ketika dibuka, itu adalah sumber kebijaksanaan batin kita dan kekuatan intuitif. Di sinilah kita harus memusatkan konsentrasi kita jika kita ingin mengembangkan kemampuan psikis kita. Chakra ini khususnya terkait dengan rasa takut imajinasi kita, mimpi dan "irasional" intuisi. Gejala fisik dari penyumbatan termasuk migrain, insomnia dan kecemasan.

7. Chakra Mahkota
Chakra mahkota secara langsung menghubungkan kita dengan diri tertinggi di dalam diri kita. Ketika itu seimbang, kita terhubung langsung dengan alam semesta, melarutkan ilusi bahwa kita terpisah dari manusia lain dan bentuk-bentuk lain dari kehidupan, dan kami menghargai keunikan kita dan memahami sifat sejati dari realitas. Ketika diblokir, kita merasa tidak nyaman di kulit kita sendiri, merasa sendirian dan takut mati dan sekarat.